Breaking News

Viral Gara Gara Lem Aibon Anggaran APBD dikucur sampai 82M !


Gagasan budget 2020 DKI Jakarta sedang menjadi perhatian, diantaranya ialah budget lem Aibon untuk sekolah sejumlah Rp 82 miliar. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan juga menyebutkan skema memiliki masalah jadi pangkal permasalahannya. Ini runutannya.

Budget Lem Aibon Disorot 

Budget lem Aibon ini pertama-tama disibak oleh anggota Fraksi PSI DPRD DKI Jakarta William Aditya Fasilitas. Wiliam saat itu mem-posting screen capture apbd.jakarta.go.id, serta dalam budget itu dicatat Suku Dinas Pendidikan Daerah 1 Jakarta Barat menganggarkan lem Aibon untuk pekerjaan Ongkos Operasional Pendidikan Sekolah Fundamen Negeri. Keseluruhan anggarannya sejumlah Rp 82,8 miliar.

Budget yang dilampirkan di web APBD DKI itu sempat juga hilang serta tidak dapat dibuka oleh siapa juga. Serta sampai sekarang.

"Diketemukan budget aneh pembelian lem Aibon 82 miliar lebih oleh Dinas Pendidikan. Nyatanya Dinas Pendidikan menyuplai 2 kaleng lem Aibon per murid tiap bulanya. Bikin apa?" catat William dalam akunnya, Selasa (29/10/2019).


Keterangan Disdik DKI 

Sekretaris Dinas Pendidikan (Disdik) DKI Jakarta Susi Nurhati saat diminta konfirmasi pada Selasa (29/10) awalnya menjelaskan tidak benar bila ada budget pembelian lem Aibon. Susi menyebutkan peluang ada kekeliruan tulis berkaitan budget ini.

"Ini kelihatannya (ada) salah tulis. Kami sedang cek ke semua elemen untuk diperbaiki," sebut Susi waktu dihubungi.

Tetapi ini hari Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Syaefuloh Hidayat menyebutkan gagasan budget Rp 82 miliar untuk lem Aibon bukan salah tulis, tetapi itu ialah budget sesaat yang selanjutnya dirubah sesudah mendapatkan gagasan budget dari faksi sekolah.

Simak juga: Anies Ucap Permasalahan Budget Ada Setiap Tahun Dikarenakan Skema Warisan

Jadi budget yang di-upload di apbd.jakarta.go.id serta dipersoalkan William itu cuma budget sesaat menurut Syaefuloh.

"Terbentur waktu (waktu penganggaran), selanjutnya Sudin (pendidikan tingkat kota serta kabupaten) susun budget sesaat dengan keinginan, waktu sekolah usai susun budget sekolah, ada 17 ribu elemen sekolah yang tertampung di 23 rekening itu detil sekali. Waktu sekolah telah usai detil, selanjutnya elemen atau rekening yang telah diatur Sudin kelak akan sesuai elemen yang telah diatur sekolah," sebut Syaefuloh pada wartawan di gedung DPRD DKI Jakarta, Jalan Kebon Sirih, Jakarta, Rabu (30/10).

Tidak ada komentar